Hari ini Sabtu 14 Maret 2020 ditengah santernya berita tentang Virus Covid-19 di Kota Solo, Biro Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) UMS dengan komitmennya tetap mengadakan Pelatihan Kenaikan Jabatan Fungsional Dosen Angkatan ke-2. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiiin. Kegiatan ini dihadiri oleh 45 Dosen dari 65 Dosen yang diundang dari berbagai program studi di lingkungan UMS yang telah memiliki Jabfung Asisten Ahli (AA), Lektor (L) dan Lektor Kepala (LK).

Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala BPSDM Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom. “BPSDM berupaya membuat rencana pengembangan Dosen dan Tenaga Kependidikan. Pengembangan Dosen selain pengiriman Dosen untuk studi lanjut, juga melalui Kenaikan Jabatan Fungsional. Kenaikan Jabatan itu 4 tingkat (Asisten Ahli, Lektor, Lektor Kepala, Profesor), kalau masing-masing 3 tahun, harusnya dalam 12 tahun sudah profesor. Diharapkan Bapak/Ibu Dosen yang sudah S3 dalam 12 tahun sudah Profesor. BPSDM berharap bukan hanya UMS yg berkomitmen untuk mengembangkan SDMnya, Tapi Bapak/Ibu Dosen juga harus aktif mengejar kenaikan Jabatan Fungsional. Karena UMS tidak membatasi kenaikan Jabatan Fungsional Bapak/Ibu sekalian. Jadi silakan naikkan Jabatan Fungsional Bapak/Ibu setinggi-tingginya”. kemudian membuka acara dan menargetkan minimal ada tambahan Dosen yang diikutkan dalam sidang CCP oleh senat hari Selasa (17/3/2020).

Acara selanjutnya adalah materi dimoderatori oleh Kabag Pengembangan SDM Bapak Tri Widatno, Ph.D. Adapun materi yang disampaikan hari ini sebagai berikut:

  1. Sharing Pengalaman: Prof. Dra. Kun Harismah, M.Si., Ph.D
  2. Penjelasan Pedoman Operasional PAK 2019: Prof. Dr. dr. EM Sutrisna, M.Kes

Materi pertama disampaikan oleh Prof. Dra. Kun Harismah, M.Si., Ph.D yang baru saja menerima SK Profesor teranggal  26 Desember 2019 menyampaikan pengalaman beliau dan memberi semangat kepada peserta pelatihan dalam menaikan Jabatan Fungsionalnya. Kemudian materi kedua disampaikan oleh Prof. Dr. dr. EM Sutrisna, M.Kes selaku tim penilai PAK dari wilayah VI Jawa Tengah. Beliau menyampaikan kriteria jurnal dari jurnal nasional, jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional, dan jurnal internasional bereputasi serta bagaimana cara untuk mengecek keabsahan jurnal tersebut.

Besar harapan semoga setelah acara ini, UMS dapat meningkatkan jumlah Dosen yang mengurus kenaikan Jabatannya dan mempertahankan penghargaan dari LLDIKTI sebagai Terbaik 1 “Jumlah Usulan Jabatan Fungsional Dosen Terbanyak” untuk Kategori Universitas.