Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melalui Biro Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) pada tanggal 18 April 2022 mengadakan acara penyerahan SK bagi Dosen dan Tenaga Kependidikan Tetap UMS, adapun SK yang diserahkan dibagi menjadi 3 kategori SK. 3 kategori SK tersebut adalah SK Penyesuaian Pangkat/Golongan Tendik Tetap, SK Kenaikan Pangkat Dosen dan Tendik Tetap, SK Pengangkatan Dosen Tetap.

Acara yang diselenggarakan di lantai 7 Gedung Induk Siti Walidah ini dimulai pada pukul 13.00 dan dihadiri oleh Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Drs. H. Dahlan Rais, M.Hum, Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si, Wakil Rektor IV Prof. dr. Dr. EM Sutrisna, M.Kes. dan juga Kepala BPSDM Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan dilanjutkan dengan pembacaan SK.  Dalam kesempatan ini, Rektor UMS menyampaikan bahwa penyerahan SK saat ini sebagai salah satu berkah Romadhon atas diterimakannya SK baru ini dan semoga dapat menambah semangat dan gairah dalam bekerja sebagai upaya untuk memberikan kontribusi sebaik-baiknya kepada UMS dan kepada perserikatan Muhammadiyah. sekaligus itu sebagai modal agar kita bisa melakukan perubahan-perubahan menuju yang lebih baik menuju yang lebih dinamis itulah yang diharapkan dan makna penyerahan SK untuk memperkuat UMS dan memberikan semangat kinerja sebaik-baiknya.

Pada kesempatan yang sama Ketua BPH Drs. H. Dahlan Rais, M.Hum menyampaikan bahwa setiap derajat seseorang atau sekelompok orang itu tergantung dari amalannya. Beliau juga menyampaikan bagi Dosen baru mudah-mudahan kerasan makin lama makin cinta maju bersama UMS. Bagi tenaga Dosen baru, mudah-mudahan pelan-pelan bisa kemudian mencintai pekerjaannya, karena mencintai pekerjaannya termasuk salah satu pengaruh terbesar dalam kesuksesan seseorang. Bagi penerima penyesuaian ijazah S1, disyukuri atas pengakuan ijazah tersebutS1 kemudian diakui ijazah itu kalau itu ditempuh jalur biasa, kenaikan nya 4 tahun setiap golongan, 8 tahun atau lebih tetapi dengan adanya penyesuaian ini maka kemudian sekarang diakui lebih cepat.