Hari Rabu 30 Maret 2022 pukul 11.00 WIB Biro Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) melaksanakan kegiatan Baitul Arqom untuk Tenaga Kependidikan (Tendik) Universitas Muhammadiyah Surakarta. Baitul Arqom merupakan kegiatan pembinaan serta peningkatan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan bagi seluruh sivitas akademika UMS. Kali ini diperuntukan bagi Tenaga Kependidikan.

Baitul Arqom kali ini dilaksanakan di hotel Al-Azhar Azima Boyolali dari tanggal 30 Maret sampai 1 April 2022. Narasumber kegiatan ini berasal dari BPH, Rektorat, PWM Jateng, dan Pimpinan Pusat. Diikuti sebanyak 58 Tendik dari berbagai Unit dan Fakultas di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan masa kerja paling muda 4 tahun dan masa kerja paling lama 38 tahun dan dihadiri oleh Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si., Kepala BPSDM Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom dan Kepala Bagian Personalia BPSDM Bapak Agung Siswanto, SE.

Baitul Arqom diawali oleh pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Bapak Andi Ratmanto, SH. Kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Sang Surya. Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Kepala BPSDM Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom. Beliau menyampaikan bahwa Acara Baitul Arqom ini merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas Dosen dan Tendik dalam pengamalan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Karena disamping kita memiliki kewajiban untuk melayani stakeholder kita juga memiliki kewajiban dalam pengamalan Al-Islam Kemuhammadiyahan dalam kehidupan sehari-hari. Pun kegiatan ini selain aspek kognitif tapi juga ada aspek afektif dan psikomotor berupa praktik baca Al-Qur’an, Sholat Lail, dan diskusi mengenai ayat-ayat Al-Qur’an. Semua itu dilakukan dengan komitmen dan tujuan yang sama yakni memajukan Amal Usaha Muhammadiyah.

Kemudian acara selanjutnya adalah sambutan dan pengarahan dari Rektor Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si. beliau menyampaikan bahwa Al-Islam dan Kemuhammadiyahan adalah satu instrument yang membesarkan nama UMS secara Internasional. Bahkan awal tahun 2022 UMS ada di peringkat 3 Perguruan Tinggi Islam terbaik di Dunia. Pencapaian tersebut merupakan kerja keras Bersama tidak terlepas dari peran Tendik. Saya berharap sekali Baitul Arqom ini bisa meningkatkan semangat bekerja Tendik kedepannya.

Oleh karena itu saya menekankan kepada seluruh Tendik yang ada di UMS tidak boleh menolak ketika mendapat undangan Baitul Arqom, walaupun dengan alasan sudah pernah ikut beberapa tahun yang lalu. Karena apa? Sehat yang diajarkan oleh Rosulullah SAW bukan hanya dengan berolah raga, tapi juga dengan kegiatan semacam ini. Dengan harapan, setelah acara ini dapat meningkatkan semangat bekerja Bapak Ibu di unit masing-masing.

Maka Baitul Arqom ini merupakan bagaimana Dosen dan Tendik memiliki kemampuan mengimplementasikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan pada dirinya dan masyarakat serta dapat berperan aktif di Organisasi Muhammadiyah dari Ranting sampai keatasnya.