Berbicara tentang layanan, terdapat istilah tiada henti dalam inovasi dan adaptasi, hal ini berkaitan dengan siapakah orang tersebut melayani. Pun demikian dengan Tenaga Kependidikan (Tendik) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang selalu bertemu dengan stakeholder yang berbeda. Untuk itulah Biro Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) mengadakan pelatihan Service Excellence Tenaga Kependidikan yang diselenggarakan selama dua hari tanggal 6-7 Juni 2023 di Assalaam Hotel Syariah.
Dalam sambutanya Kepala BPSDM, Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom menyampaikan di depan 49 peserta bahwa Tenaga kependidikan UMS harus punya rasa “memiliki” terhadap universitas, sehingga masing-masing akan berupaya untuk menjaga kelangsungan dan kemajuan universitas. Sehingga dalam pemberian pelayanan terhadap stake holder dapat berjalan dengan baik dan optimal. Peserta kali ini dengan latar belakang yang beragam dari pendidikan, usia dan job desk, sehingga tim fasilitator diminta untuk dapat mengakomodir dalam pelatihan ini.
Dalam hal memberikan pelayanan, hal utama yang diperhatikan adalah attitude, sikap bagaimana kita dalam melayani, supaya apa yang kita sajikan terhadap stakeholder dapat memberikan kesan yang baik dan akan terus dikenang. Hal selanjutnya dalam melayani harus memiliki kemampuan diri, baik softskill dan hardskill, hal ini selain paham tentang jobdesk masing-masing tendik mampu berkomunikasi dengan stakeholder, sebagai contoh dalam hal memberikan layanan mahasiswa, kita perlu memperhatikan usia yang kita layani, untuk itu tendik perlu meningkatkan kemampuan diri. Kemudian attention, memperhatikan keluhan dari stakeholder kita, walaupun keluhan tersebut setiap tahun sama, namun dalam melayani kita mendengarkan dengan baik dan memberikan solusi. Dan Tindakan yang diberikan sebagai solusi dari apa yang telah stake holder sampaikan. Dari semua hal tersebut, harus dapat dipertanggungjawabkan kepada stakeholder sesuai dengan prosedural yang ada. Selain itu penampilan dalam memberikan layanan perlu juga diperhatikan sebagai rangkaian lengkap dalam memberikan layanan agar layanan tersebut bernilai excellence. (ab)