Agar meningkatkan pelayanan Tenaga Kependidikan (Tendik) Universitas Muhammadiyah Surakarta terhadap stakeholder dan arahan pemerintah agar Tendik memiliki sertifikasi sesuai keahlian. Biro Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) kembali melaksanakan kegiatan pelatihan dan sertifikasi. Kali ini Pelatihan dan Sertifikasi yang dilaksanakan adalah Kemampuan Aplikasi Perkantoran (Office). Lembaga yang dipilih oleh BPSDM untuk menjadi pelaksana kegiatan berasal dari LSP Triutama Sistem Indonesia atau dikenal dengan TRUST dari Surabaya. Kegiatan ini diikuti sebanyak 20 Tenaga Kependidikan dilaksanakan pada hari Selasa – Kamis 23-25 Maret 2021.
Acara pembukaan dimulai pada pukul 08.30 oleh Kepala BPSDM Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom. Beliau menyampaikan bahwa perkembangan teknologi komunikasi berkembang dengan cepat. Kita harus mampu cepat beradaptasi baik secara mandiri maupun meningkatkan kemampuan dengan pelatihan dari pihak lain.
Sekarang ini kita masih berada dalam masa pandemi. Karena itu semua pelayanan masih dilakukan secara daring. Walau demikian, kita harus tetap mampu memberikan pelayanan terbaik kepada stakeholder secara maksimal. Termasuk mengenai aplikasi perkantoran baik pengolahan data berupa angka maupun kata.
Setiap pegawai harus memiliki kemampuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kalau Tendik tidak memiliki kemampuan itu maka artinya pelayanan tidak dilakukan secara maksimal. Maka, pelatihan dan sertifikasi aplikasi perkantoran ini sangat penting untuk dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan penggunaan aplikasi perkantoran.
Bapak Ragowo selaku Kepala Bagian Penjaminan Mutu TRUST juga menyampaikan bahwa agar lulus sertifikasi peserta harus kompeten dan dinilai mampu mengoperasikan aplikasi perkantoran dengan baik. Selama pelatihan 3 hari kedepan peserta akan dilatih oleh trainer. Pelatihan dilaksanakan secara daring tapi besar harapan tetap melakukan komunikasi secara dua arah antara pemateri dan peserta sekalian.
Walaupun kegiatan ini dilakukan secara daring peserta diharapkan mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh dan dapat lulus sertifikasi aplikasi perkantoran ini. Setelah kegiatan ini selesai diharapkan Bapak dan Ibu dapat memberikan pelayanan kepada stakeholder dengan pelayanan terbaik. Pelayanan yang baik adalah pelayanan yang cepat, tepat dan akurat.
Peserta Pelatihan dan Sertifikasi Aplikasi Perkantoran
No. | Nama | Unit |
---|---|---|
1 | Diharto, S.Kom. | Biro Administrasi Akademik |
2 | Wikasto, A.Md. | Biro Keuangan |
3 | Andy Ratmanto, S.H. | BPSDM |
4 | Dzakkia Ulul Azmi, S.S. | BPSDM |
5 | Rusda Ghulam, S.E. | Fakultas Agama Islam |
6 | Awang Pribudi, S.T., MM. | Fakultas Ekonomi & Bisnis |
7 | Agustina Wahyuningtyas, S.Pd., S.E. | Fakultas Farmasi |
8 | Irwan Syahroni, S.Psi. | Fakultas Farmasi |
9 | Tri Rahardjo | Fakultas Hukum |
10 | Otami A'malina, A.Md. | Fakultas Ilmu Kesehatan |
11 | Sugeng Riyadi, S.Si. | Fakultas Kedokteran |
12 | Dyah Widowati, SKM | Fakultas Kedokteran Gigi |
13 | Yunita Ayu Ardhani, S.Psi. | Fakultas Psikologi |
14 | Ade Usman Saori, S.Ak. | Fakultas Teknik |
15 | Murdayanto, S.Kom. | FKIP |
16 | Anita Dwi Rahmawati, S.Psi. | FKIP |
17 | Winarni, S.E. | LPIDB |
18 | Heru Martana Widada | LPPIK |
19 | Tugiyanti, S.E. | LPPM |
20 | Muhammad Nur Rohman, S.H | Sekolah Vokasi |